All about Mathematics, Physics and Chemistry Problems

Sistem Persamaan Linier

Matematika SMP - Sistem Persamaan Linier

  1. Suatu bilangan terdiri dari 3 angka. Jika bilangan itu dibagi oleh bilangan yang dibentuk dari angka-angka itu juga secara terbalik urutannya, hasilnya adalah 2 dan sisanya adalah 25. Angka puluhan adalah 1 kurangnya dari 2 kali jumlah angka ratusan dan satuan. Jika angka puluhan dikurangi dengan angka satuan, hasilnya adalah 2 kali angka ratusan. Tentukan bilangan itu!
  2. Jumlah umur ibu dan anaknya tahun yang lalu adalah 48 tahun. Tiga tahun yang akan datang umur ibu adalah 5 tahun lebihnya dari 2 kali umur anak. Berapa umur masing-masing tahun depan?
  3. Seutas tali panjangnya 230 m dipotong menjadi 2 bagian. 9/5 dari selisih kedua potongan adalah 58 m lebih panjang dari 85 % potongan yang pendek. Hitung panjang masing-masing potongan!
  4. Jika pembilang dan penyebut sebuah pecahan kedua-duanya dikurangi dengan 5 maka pecahan itu sama dengan ½ . Jika pembilang dan penyebut keduanya ditambah dengan 1, pecahan itu sama dengan 2/3. Berapakah pecahan itu?
  5. Dua ekor semut beregrak dengan kecepatan tetap mengelilingi lingkaran sepanjang 276 cm. Dua semut tersebut mulai bergerak pada waktu dan tempat yang sama. Jika kedua semut bergerak berlawanan, maka mereka berpapasan setiap 6 detik. Jika bergerak dengan arah sama maka semut yang satu akan melewati yang lain setiap 23 detik. Hitung kecepatan masing-masing semut!
  6. Jika pada suatu persegi panjang tiap-tiap sisinya diperpanjang 1dm maka luasnya menjadi 410 cm2 lebih besar. Tetapi kalau lebarnya dikurangi dengan ½ dm dan panjangnya ditambah dengan ½ dm, maka luasnya berkurang 30 cm2. Tentukan panjang dan lebar persegi panjang tersebut!
  7. Jika suatu bilangan yang terdiri atas 2 angka ditambah 45 maka akan terdapat suatu bilangan yang terdiri dari angka-angka itu tetapi dalam urutan terbalik. Jika di antara puluhan dan satuan dari bilangan itu disisipkan angka 0 maka bilangan itu menjadi 23/3 kali besar semula. Berapakah bilangan itu?
  8. Jika panjang sebuah persegi panjang ditambah dengan 2 cm dan lebarnya dengan 3 cm maka persegi panjang itu akan berubah menjadi persegi. Jika panjang ditambah dengan 3 cm dan lebar 2 cm, maka luas persegi panjang bertambah 43 cm2. Tentukan ukuran persegi panjang itu!
  9. Pada suatu garis AB terletak titik P sedemikian hingga PA:PB = 2:3. Apabila titik P digeser 5 cm ke arah A maka PB = 7/3 PA. Hitung panjang garis AB!
  10. Ada 3 batang bambu dengan jumlah panjangnya 24,5 m. Untuk menjadikan ketiga batang itu sama panjang, maka harus dipotong dari yang pertama 1/5 bagian, dari yang kedua ¼ bagian dan yang dari yang ketiga 1/3 bagian. Tentukan panjang tiap-tiap batang!

0 comments: